Translate

Selasa, 17 November 2015

Ternak Lele Sukses HCS - Cara Membuat Pakan Lele Organik Fermentasi pola HCS - AndreLinds.Com


Pada artikel sebelumnya tentang Ternak Lele Memanfaatkan SOC Tanpa Beli Pelet sudah diceritakan tentang kesuksesan mitra HCS dalam budidaya lele organik. Di bagian lain postingan ProgramHCS.com ini juga telah dijelaskan tata cara pembuatan pakan fermentasi untuk ternak kambing.
Nah, pada kesempatan ini akan diuraikan tentang manfaat Suplemen Organik Cair (SOC HCS) untuk ternak lele. Khususnya tentang cara membuat pakan fermentasi / pelet untuk budidaya lele.
Berdasar pengalaman para mitra HCS, Ternak / budidaya IKAN LELE dengan menggunakan pakan fermentasi SOC BISA PANEN UMUR 50 hari. Bukan cuma bisa panen lebih cepat. Bahkan dari segi hasil panen pun mengalamai peningkatan signifikan. Jika dirasa ribet dengan cara membuat pakan fermentasi untuk lele seperti diuraikan di bawah, Anda bisa beli PAKAN YG TERMURAH SAJA LALU DIFERMENTASI DGN SOC. Silakan buktikan peningkatan HASILnya.
Kelebihan lain dari budidaya lele organik dengan pola SOC HCS:
  • Bisa menghilangkan bau tak sedap pada AIR KOLAM
  • Hemat biaya perawatan.
  • Bobot ikan lele lebih berat dan harga jualnya lebih tinggi.
  • Tidak perlu mengganti air kolam.
  • Lele organik mempunyai rasa yang lebih gurih.
  • Memberi pendapatan tersendiri bagi peternak sapi/kambing/ayam di sekitar.
  • Lebih aman untuk kesehatan.
  • Nilai gizinya lebih tinggi dan kolesterolnya lebih rendah.
  • Air bekas budidaya lele organik sangat baik untuk memupuk tanaman.
  • Dan masih banyak lagi.
Secara garis besar, tahapan ternak lele organik pola HCS adalah sebagai berikut:
Tahap Pertama
  • Penebaran benih kedalam kolam yang telah berisi air (tahap awal, kedalaman air tak lebih dari 30cm) yang sudah dikondisikan cukup untuk pesediaan pakan selama 29 hari berupa plankton.
  • Sarana pembuatan plankton dengan bahan dasar kotoran ternak dan ampas tahu atau sayur limbah yang telah difermentasi dengan SOC HCS, selama 24 jam, lalu dimasukkan dalam karung goni yang tertutup rapat sebanyak 6 karung, Kemudian 6 karung tadi dimasukkan dalam air, untuk memicu pertumbuhan plankton sebagai makanan alami ikan.
  • Setelah 15 hari dalam kolam, maka air kolam telah dipenuhi oleh plankton yang cukup untuk persediaan pakan alami sampai 29 hari.
  • Jangan lupa, sehari sebelum benih ditaburkan, larutkan SOC HCS dengan perbandingan : per 2 m3 dengan 1 tutup botol.
Tahap kedua
Setelah 15 hari, maka kolam telah siap ditaburi benih. Lakukan beberapa hal untuk proses penebaran benih sebelum masuk ke air kolam, adalah sebagai berikut :
Siapkan air secukupnya dalam 3 ember/timba.
  • Ember/Timba yang pertama, larutkan formalin atau alcohol 20%.
  • Ember/Timba yang kedua, larutkan SOC dengan dosis 1cc SOC : 2 ltr air.
  • Ember/Timba yang ketiga, isilah dengan air kolam yang akan diisi benih.
  • Siapkan benih yang akan ditebar, angkat dari air dengan saringan ikan.
  • Secepatnya celupkan ke dalam air larutan formalin/alcohol 20%
  • Lalu celupkan pada ember ke 2 dengan larutan SOC HCS, lalu angkat.
  • Masukkan ke dalam ember ke tiga yang berisi air kolam dengan tujuan agar benih secepatnya bisa menyesuaikan diri dengan suhu air kolam.
  • Masukkan perlahan ke dalam kolam pembesaran.
  • Anda tak perlu memberi makanan apapun sampai 29 hari, kecuali menaburkan SOC HCS pada minggu ke-2 dan ke-4.
  • Setelah umur 29 hari, angkat ke enam karung tersebut dan ganti dengan yang baru, dan kedalaman air ditambah sekitar 20 cm.
Tahap selanjutnya, Pemberian pelet buatan dari kotoran ternak, ampas tahu, bekatul, dedaunan dan difermentasi dengan SOC HCS selama 24 jam untuk pelet apung.

Cara pembuatan pakan ternak lele dengan fermentasi SOC:

==>Pembuatan pakan ternak lele + SOC untuk 1 – 29 hari

Bahan – bahan yang diperlukan Antara lain :
(1) Kotoran ternak yang diberi pakan fermentasi SOC (90%)

(2) Limbah sayuran (5%)
(3) Ampas tahu (5%)
(4) Gula pasir (1 ons)
(5) Bakteri matrix direkomendasikan SOC HCS (20 tutup)

ternak lele organik soc hcs
Cara pembuatan pakan fermentasi
  1. Campurkan semua bahan : kotoran ternak, limbah sayuran dan ampas tahu aduk sampai rata.
  2. Tambahkan larutan air + SOC yang ditambah gula (Dengan perbandingan 15 lt air : 5 tutup SOC : 200 gr gula pasir) kedalam semua bahan lalu masukan kedalam karung goni dan ditutup rapat dengan perpal diamkan selama 24 jam (buat sebanyak 6 karung goni untuk 1 kolam).
  3. Setelah itu bahan yang telah di fermentasi dimasukan air kolam dengan ketinggian 30 cm , untuk memicu pertumbuhan plankton sebagai makanan alami ikan.
  4. Setelah 15 hari dalam kolam, maka air kolam telah dipenuhi oleh plankton yang cukup untuk persediaan pakan alami sampai 29 hari dan benih siap ditebarkan dalam kolam. Jangan lupa, sehari sebelum benih ditaburkan, berikan larutkan SOC HCS dengan perbandingan : per 2 m³ dengan 1 tutup botol SOC.
 ==>Pembuatan Pakan Ternak Lele + SOC umur 30 hari sampai panen
Bahan-bahan untuk mebuat pelet apung :
  1. Kotoran ternak yang sudah menggunakan SOC (35%)
  2. Ampas tahu (25%)
  3. Bekatul (25%)
  4. Dedaunan (5%)
  5. Terasi (10%)
  6. Gula pasir (100 gr)
  7. Bakteri matrix SOC HCS ( 10 tutup)
Cara pembuatan pelet Apung + SOC
Masukkan semua bahan kedalam bak tambahkan larutan SOC (dengan perbandingan 3 tutup SOC : 10 lt air) aduk-aduk dan diamkan selama 24 jam untuk proses fermentasi. Setelah jadi pakan siap di berikan.
Cara pemanenan ternak Lele Organik
Lele organik siap dipanen pada minggu kedelapan. Cara pemanenan lele organik sama halnya dengan pemanenan lele biasa alias tidak ada perlakuan khusus.
Itulah cara budidaya / ternak lele organik pola HCS dengan mengandalkan obat fermentasi Suplemen Organik Cair dalam pembuatan pakan / peletnya.
Mungkin Anda bertanya, mengapa ternak ikan lele pakan organik pola SOC HCS di atas bisa lebih hemat dari segi biaya?
Coba kita renungkan! Harga pakan lele buatan pabrik yang berbentuk pelet harganya terus beranjak naik dari hari ke hari. Sedangkan membuat sendiri pakan lele fermentasi plus SOC, hanya perlu biaya kisaran Rp.2.000 per kilogram. Perbandingan : Untuk 1 ton ikan lele siap konsumsi, pakan yang dibutuhkan jika menggunakan pelet bisa mencapai 1 ton. Sedangkan jika menggunakan pakan organik Cuma membutuhkan sekitar 230 kilogram.
Kenapa dengan ternak lele pakan organik lebih berbobot dibanding yang biasa? Sebab dilihat dari hasil Satu kilo gram ikan lele non organik, umumnya isinya berjumlah 8 sampai 9 ekor. Sedangkan lele organik jumlah perkilo gramnya hanya 7 sampai 8 ekor, dengan besaran fisik yang sama.

Masih penasaran bagaimana ternak ikan lele organik, kuncinya yaitu gali terus ilmunya, paktekkan pengalamannya dan kalau sudah bisa amalkan ilmunya insyallah tambah barokah.

Terima kasih telah membaca "Ternak Lele Memanfaatkan SOC Tanpa Beli Pelet", Baca juga:

Mitra HCS Ternak Ayam Pedaging Bisa Hemat 40 Jt Berkat SOC
Pak Sukimin, Mitra HCS, Ternak Ayam Pedaging Bisa Hemat 40 Juta Berkat SOC. Usaha ternak ayam daging memiliki prospek yang cerah dikarenakan permintaan akan daging ...
Mitra HCS, dari Ternak Kambing 3 Ekor, kini Mobil Panther Pun Terbeli
Mitra HCS, dari Ternak 3 Ekor Kambing, kini Mobil Panther Pun Terbeli. Itu bukan judul-judulan. Hal itu dialami oleh Bapak Hudi Marhaban, warga Ngemplak Boyolali. ...
SOC HCS untuk Sapi - Penggemukan Sapi Limosin & Simental
SOC HCS untuk Sapi (ProgramHCS.com). SOC diproduksi oleh PT HCS dalam rangka ikut membantu meringankan beban para peternak di Indonesia. Tidak terbatas hanya untuk kambing ...
Ibu Rumah Tangga Ternak 75 Ekor Kambing HCS Tanpa Ngarit, Tanpa Angon
Hajjah Etin, Ibu Rumah Tangga Ternak 75 Ekor Kambing HCS Tanpa Ngarit, Tanpa Angon. Seperti yang diekspose di YouTube dalam video berikut ini. Penampakan kandang ...

Ternak Lele Memanfaatkan SOC Tanpa Beli Pelet
Ternak Lele Memanfaatkan SOC Tanpa Beli Pelet. Kok bisa? Simak kisah mitra HCS yang satu ini. Namanya pak Wardi Haryono. Biasa dipanggil pak Yono. Beliau ...
Fermentasi Pakan Bebek Buatan Sendiri Campuran SOC + Gedebok
Campuran pakan bebek pedaging buatan sendiri (fermentasi) pola HCS bisa memanfaatkan limbah pertanian apapun yang ada di sekitar rumah. Namun, Hal utama yang harus ada ...
SOC HCS - Suplemen Organik Cair Produk PT HCS
SOC HCS - Suplemen Organik Cair Produk PT HCS soc hcs adalah soc hcs untuk lele soc hcs untuk bebek soc hcs untuk kambing harga ...
Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing dari Gedebog Batang Pohon Pisang
Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing dari Gedebog Batang Pohon Pisang - Pembuatan Pakan Fermentasi Kambing dari Gedebok Batang Pohon pisang dengan menggunakan suplemen organik cair ...
Penjual SOC HCS - Suplemen Fermentasi Pakan Ternak 1 Jam Jadi
Penjual SOC HCS - Suplemen Fermentasi Pakan Ternak 1 Jam Jadi. Suplemen Organic Cair - SOC adalah fermentor terbaik dan tercepat. Untuk proses pembuatan pakan ...
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar